Berkunjung ke Istana Topkapi di Turki

Berkunjung ke Istana Topkapi di Turki

istana topkapi wisata ke istana topkapi turki.jpg

Berbicara mengenai Turki tentunya tidak lepas dari Dinasti Utsmani yang berkuasa selama kurang lebih hampir sekitar 600 lamanya. Tentunya dalam kurun waktu yang lama, keluarga Utsmani tersebut memiliki serta meninggalkan berbagai macam peninggalan yang dapat dilihat sampai sekarang ini yaitu sebuah istana besar untuk beristirahat yang terletak di pusat Turki pada dulunya yaitu Istanbul. Berwisata ke Turki tentunya wajib mengunjungi istana megah yang satu ini, dikenal dengan Istana Topkapi atau dalam bahasa Turki Utsmani lebih dikenal dengan Topkapi Sarayi, selain sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan Istana Topkapi atau topkapi Sereyi ini merupakan tempat kediaman bagi bangsawan yang berkunjung ke kerajaan baik untuk tamu-tamu kerajaan didalam berbagai kesempatan. Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi sekarang ini telah berubah fungsi yang semula menjadi kediaman dari keluarga Kesultanan Utsmani menjadi sebuah museum yang menyediakan berbagai macam pertunjukan untuk wisatawan yang datang berkunjung ke Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini. Berkunjung ke Istana Topkapi di Turki tentunya sangat menjadi rekomendasi saat berwisata ke Turki bukan?

Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1985 sebagai salah satu warisan dunia. Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi memiliki daya tarik utama bagi para muslim dimana Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini menyimpan berbagai macam peninggalan-peninggalan dari Nabi Muhammad SAW seperti jubah maupun pedang. Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini merupakan saksi bisu atas kejayaan Islam.

Berkunjung ke Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini memiliki empat halaman utama dan banyak bangunan yang lebih kecil yang merupakan rumah dari kurang lebih 4000 orang, dimana bangunan-bangunan tersebut berupa masjid, rumah, took roti dan berbagai tempat lainnya. Pembangunan Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini dimulai tahun 1459, diperintahkan oleh Sultan Mehmed II, tau yang lebih dikenal sebagai sang Penakluk Bizantium Konstantinopel.

istana-topkapi-wisata-tour-ke-istana-topkapi-turki

Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini mengalami berbagai macam perjalanan yang panjang dari mulai berdiri hingga sekarang. Diawali era setelah abad ke-17, Istana Topkapı secara bertahap kehilangan kepentingannya dimana sebagaia Sultan lebih suka menghabiskan banyak waktunya di istana baru yang terletak di sepanjang selat Bosphorus. Pada tahun 1856, Sultan Abdül Mecid memutuskan untuk pindah dan mulai melakukan pembangunan baru yaitu Dolmabahçe Palace sebagai kediaman para sultan yang merupakan istana bergaya Eropa pertama di Turki. Selain sebagai museum Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini juga memiliki beberapa fungsi baru sekarang ini, seperti tempat penyimpanan untuk harta kekayaan kerajaan seperti koleksi porselen, jubah, senjata, perisai, baja, miniature Ottoman, naskah-naskah kaligrafi Islam dan mural yang besar, serta tampilan Ottoman harta dan perhiasan maupun perpustakaan. Setelah akhir Kekaisaran Ottoman pada tahun 1923, Istana Topkapi berubah dengan keputusan pemerintah tanggal 3 April 1924, menjadi museum era imperial. Museum Istana Topkapi ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan pariwisata. Kompleks Istana memiliki ratusan kamar dan ruangan, tetapi hanya beberapa tempat yang paling penting dapat diakses oleh publik hari ini. Kompleks Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini dijaga oleh pejabat Kementerian serta pasukan bersenjata penjaga militer Turki. Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini mencakup banyak sekali contoh arsitektur yang khas dari zaman Ottoman.

Bagimana setelah membaca artikel diatas tentunya tertarik sekali untuk mengunjungi amupun berwisata ke turki dong untuk melihat kemegahan Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi serta berbagai macam peninggalan jaman kerajaan Ottoman di Istana Topkapi atau Topkapi Sereyi ini. Yuk ke Turki ^_^

istana-topkapi-tour-ke-istana-topkapi-turki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s