Berkunjung ke Masjid Biru Turki

Berkunjung ke Masjid Biru Turki

masjid-biru-wisata-tour-ke-masjid-biru-blue-mosque-turki-eropa

Berwisata ke Turki menghadirkan banyak sekali destinasi religious bagi beberapa keyakinan yang ada di dunia, Turki merupakan saksi dari kejayaan beberapa keyakinan yang tentunya keyakinan tersebut dapat kita lihat peninggalannya dalam bentuk rumah ibadah seperti sekarang ini, seperti contohnya sebuah masjid. Kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata ke Istanbul Turki yang wajib untuk dikunjungi, yaitu dengan Berkunjung ke Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque dalam bahasa Indonesia berarti Masjid Biru yang terletak di Turki ini dibangun oleh Sultan ahmet ketika beliau masih berumur 19 tahun (muda sekali ya). Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini dibangun dekat dengan Hagia Sophia yang dimulai pada tahun 1609 dan memakan waktu pembangunan selama tujuh tahun.

Sejarah Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini dirancang oleh arsitek Mehmet Aga. Sultan Ahmet sangat antusias dalam pembangunan masjid ini. Sayangnya, ia meninggal hanya setahun setelah selesainya Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini, yang merupakan maha-karyanya, pada usia 27. Di Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini terdapat komplek-komplek yang menjadi penunjang  masjid seperti Madrasah, rumah sakit, sebuah sekolah dasar, pasar, dan makam. Akan tetapi kebanyakan bangunan ini diruntuhkan abad ke-19.

masjid-biru-wisata-tour-ke-masjid-biru-blue-mosque-turki

Tentunya Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini ada hal unik tersendiri yaitu memiliki enam menara. Hal ini sangat unik, karena kebanyakan masjid memiliki empat, dua, atau hanya satu menara. Ada pun asal-usul fitur unik, menara enam bisa juga disebabkan beberapa alasan, seperti masjid Masjidil Haram di Mekkah (tersuci di dunia) juga memiliki enam menara. Hal menarik lain yang mencolok dari desain Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini adalah indah kubah masjid yang seolah-olah seperti mengalir kebawah. Sedangkan interior Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini langit-langit tinggi dipasang dengan kurang lebih sekitar 20.000 ubin berwarna biru yang menjadikan masjid ini lebih dinekan dengan nama Blue Mosque atau Masjid Biru.

masjid-biru-interior-wisata-tour-ke-masjid-biru-blue-mosque-turki

Apa aja sih Fakta tentang Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini, yuk disimak di bawah ini ya!

  1. Nama Masjid Biru ini lebih dikenal dari nama Mesjid Sultanahmet. Mengapa dijuluki Masjid Biru? Nah, mungkin kamu bingung jika melihat dari luarnya, kan tetapi hal itu berubah ketika kamu memulai masuk kedalam masjid yang didalamnya warna biru sangatlah dominan dan mencolok, maka dari itu masjid ini lebih dikenal dengan nama Blue Mosque atau Masjid Biru.
  1. Mesjid Sultanahmet ini dinamai Sultan Ahmet karena beliau ingin Islam membangun tempat ibadah yang keindahannya dapat bersaing dengan Hagia Sophia. Dua tempat ibadah sekarang berdiri berdampinganini, bagi pengunjung dapat untuk menilai mana yang lebih luar biasa dari keajaiban arsitektur kedua bangunan ini.
  1. Sultan Ahmet memprakarsai pembangunan Masjid ketika Sultan Ahmet berusia sembilan belas tahun. Bahkan, Sultan Ahmet begitu bersemangat untuk menyelesaikan bangunan Masjid ini, bahkan Sultan Ahmet sering membantu untuk mempercepat proses. Sayangnya, Sultan Ahmet meninggal satu tahun setelah selesai pada usia dua puluh tujuh tahun.
  1. Madrasah, rumah sakit, sekolah dasar, pasar, dan makam Sultan Ahmet beserta istri dan tiga anak lelaki itu semua adalah bagian dari kompleks masjid asli tapi banyak dari bangunan yang kemudian diruntuhkan abad kesembilan belas.
  1. Masjid tradisional memiliki satu, dua atau empat menara. Itulah yang membuat unik Masjid Biru seperti ini memiliki enam menara
  1. Meskipun pintu utama disebelah barat asjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini jauh lebih besar daripada pintu masuk Utara, bagi yang ingin berkunjung ke Masjid ini diharuskan lewat pintu sebelah utara dikarenakan untuk menjaga kesucian masjid.
  1. Interior Masjid Biru dapat menyala dengan dua ratus enam puluh jendela yang dulunya dipenuhi dengan kaca patri abad ketujuh belas. Sayangnya kaca patri tersebut telah hilang dan diganti dengan replik.
  1. Pengunjung bisa mendengarkan dalam narasi sejarah serta pertunjukan cahaya di jam 9 malam di musim panas dengan bahasa di Turki, Inggris, Perancis dan Jerman pada malam-malam tertentu.
  1. Interior Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque atau Masjid Biru ini memiliki 20.000 ubin berwarna birunya yang melapisi langit-langit yang tinggi. Yang tertua ini ubin memiliki bunga, pohon, dan pola-pola abstrak yang membuat interiornya semakin unik dan terkenal.

Bagaimana setelah membaca artikel diatas? tentunya semakin tertarik dong untuk berwisata ke Turki, yuk ke Turki! ^_^

Satu pemikiran pada “Berkunjung ke Masjid Biru Turki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s