Hippodrome Square Turki Simbol Kejayaan Konstantinopel

Hippodrome Square Turki Simbol Kejayaan Konstantinopel

hippodrome-square-tour-ke-hippodrome-square-turki-simbol-kemenangan-konstantinopel
Hippodrome Square – Obelisk

Sebagai sebuah tempat yang pernah menjadi pusat peradaban yang besar tentu saja Turki memiliki peninggalan-peninggalan yang menunjukkan betapa besarnya peradaban serta bangsa yang pernah berdiam di Turki, salah satu perwujudan dari betapa besarnya peradaban maupun bangsa yang ada ditunjukkan dengan Hippodrome Square. Saat berkunjung maupun berwisata ke Istanbul Turki, pastikan kamu mengunjungi Hippodrome Square ini. Terletak di Alun-alun di depan Masjid Biru mencakup situs kuno “Hippodrome”, salah satu daerah yang paling terkenal di Constantinople Bizantium. Hippodrome dibangun pada sekitar tahun 200 m, oleh Kaisar Septimus Severus, ketika ia membangun kembali kota Byzantium. Dulunya Hippodrome adalah jantung kegiatan sipil. Aktivitas-aktivitas propaganda, pemberontakan, pertempuran dan akhirnya pertunjukan balapan kereta perang terjadi di daerah ini. Hippodrome menjadi sebuah pusat kegiatan terutama pusat olahraga dan juga sebagai tempat berkumpulnya orang-orang selama berabad-abad selama Era Byzantium. Setelah Konstantinopel ditaklukkan oleh Kesultanan Utsmaniyah, Hippodrome Square  juga digunakan untuk tujuan yang sama.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
German Fountain

Jika mengunjungi Hippodrome Square  kamu akan menemukan berbagai monumen di Hippodrome. Yang paling menarik adalah “Obelisk Mesir”. Bangunan ini awalnya dibangun oleh Firaun Tutmosis III(1549-1503 BC) dengan tinggi sekitar 60 m dengan berat sekitar 800 ton. Ketika dikirim dari Mesir ke Konstantinopel, itu dibagi menjadi tiga bagian dan hanya bagian atas dari monument yang berhasil dibawa. Obelisk terbuat dari granit merah muda dan ini menggambarkan Praraoh Tutmosis III dengan dewa matahari Amon Ra. Bangunan lain di daerah Hippodrome adalah “Serpentine”. Sebuah patung ular tembaga terjalin tiga bentuk kolom. Kolom ini dibawa dari Kuil Apollo, yang dibawa oleh Kaisar Konstantin Agung.

hippodrome-square-tour-ke-serpentine-turki-simbol-kemenangan-konstantinopel
Serpentine

Monumen ketiga di daerah ini disebut sebagai “Colossus” atau “Constantine Porphyrgenitus”. Monumen ini terlihat jauh lebih terkikis dan tujuan dibuatnya diperkirakan untuk menyamai Obelisk Mesir. Monumen terakhir di daerah Hippodrome adalah “German Fountain” atau “Fountain of Kaiser Wilhelm II”. Ini adalah sebuah bangunan bersegi delapan dengan air keran sekitar yang dibangun pada tahun 1898. Di dalam air mancur, ada mosaik indah yang menggambarkan tanda tangan Wilhelm II dan Sultan Abdulhamit II, sebagai sultan waktu itu.

Tentunya sebagai tempat yang sangat bersejarah Hippodrome Square Turki memiliki fakta-fakta yang menakjubkan, yuk simak apa aja faktanya

  • Di 390 CE, Kaisar Bizantium Theodosius aku membawa Obelisk Thutmosis III dari Karnak (Selatan Mesir) ke Konstantinopel, didirikan di hippodrome dan menamakannya “Obelisk Theodosius”. Obelisk Thutmosis III adalah salah satu dua puluh sembilan Obelisk-obelisk Mesir di dunia. Meskipun dengan usia sekitar 3500 tahun, obelisk adalah dalam kondisi sangat baik.
  • Selama kerusuhan Nika pada 532 CE, Kaisar Bizantium Justinianus memerintahkan pembunuhan 30.000 orang terkunci di dalam Hippodrome Constantinople.
  • Selama periode Byzantium, Hippodrome adalah pusat kehidupan sehari-hari Constantinopolitans’. Jumlah besar yang bertaruh pada Balapan kereta perang, dan ada empat tim ambil bagian dalam balapan, masing-masing secara finansial disponsori dan didukung oleh sebuah partai politik yang berbeda (Deme) dalam Senat Romawi Timur: The Blues (Venetoi), hijau (Prasinoi), merah (Rousioi) dan putih (Leukoi).
  • Baik charioteers sama pentingnya dengan pahlawan umum selama periode Byzantium. Legendaris kusir Porphyrios adalah sangat sukses Radheya, yang berlari untuk Blues dan hijau. Menurut sumber-sumber utama, ada beberapa patung kusir Porphyrios di sekitar hippodrome; Sayangnya tak satu pun dari patung-patung yang masih hidup tapi dasar-dasar dua patung – termasuk sebuah prasasti yang memuji kusir Porphyrios – dipamerkan di Museum Arkeologi Istanbul.
  • Selama periode Ottoman di 1720, lima belas hari panjang sunat keturunan Ahmet III berlangsung di hippodrome dan dalam nama-i Vehbi (Ottoman miniatur lukisan buku menggambarkan upacara berkhitan, antara keturunan Ahmet III) hippodrome ditampilkan dengan kursi dan monumen masih utuh.
hippodrome-square-tour-ke-colossus-turki-simbol-kemenangan-konstantinopel
Colossus

Nah gimana setelah membaca artikel mengenai Hippodrome Square? Tentunya semakin menambah rasa penasaran melihat perwujudan dari kejayaan bangsa-bangsa besar yang berkuasa di dunia dong! Tentunya jadi semakin tertarik juga ke turki kan? yuk wisata ke turki ^_^

hippodrome-square-wisata-tour-ke-hippodrome-square-turki-simbol-kemenangan-konstantinopel
Obelisk

Satu pemikiran pada “Hippodrome Square Turki Simbol Kejayaan Konstantinopel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s