Berkunjung ke Masjid Hijau di Bursa Turki

Berkunjung ke Masjid Hijau di Bursa Turki

masjid-hijau-atau-green-mosque-wisata-tour-ke-masjid-hijau-atau-green-mosque-turki

Berwisata ke Turki tak akan ada habis-habisnya dibuat kagum oleh berbagai macam peninggalan dari Kesultanan Utsmani salah satunya adalah yang akan kita bahas saat berkunjung ke Bursa Turki ini adalah sebuah masjid. Kota yang menjadi Pusat Kesultanan Utsmani pertama kali ini memiliki sebuah masjid yang sangat spektakule yang nerupakan penggabungan dari seni-seni ukir, dekorasi serta arsitektur yang menawan ialah Masjid Hijau atau Green Mosque yang tidak kalah cantiknya seperti mengunjungi Masjid Biru atau Blue Mosque di Istanbul Turki. Masjid Hijau atau Green Mosque ini dibangun oleh Sultan Mehmed I Celebi dan selesai pada Desember 1419 atau lebih tepatnya pada bulan Januari 1420. Masjid ini dibangun antara 1419-1421 oleh seorang arsitek berbakar dari Kesultanan Utsmani yaitu vezir Haci İvaz Pasha. Sedangkan untuk seniman dekorasi mengenai pewarnaan masjid adalah Ali bin Ilyas dan Mehmed el Mecnun, selain interiornya yang menjadikan masjid ini terkenal menjadi Masjid Hijau atau Green Mosque, ada nama lain yang mendasari pemberian Masjid Hijau atau Green Mosque yaitu daerah tempat Masjid Hijau atau Green Mosque ini di bangun yaitu Yesil yang bearti Hijau dalam bahasa Turki.

masjid-hijau-atau-green-mosque-wisata-ke-masjid-hijau-atau-green-mosque-turki

Masjid Hijau atau Green Mosque ini perlu teman-teman ketahui bahwa Masjid Hijau atau Green Mosque ini merupakan sebuah perpaduan sempurna antara arsitektur serta dekorasi, bukti bahwa karya-karya yang ada di dalam Masjid Hijau atau Green Mosque ini merupakan seni yang diproduksi di negara di mana bertemunya berbagai macam pengaruh serta peradaban yang ada. Pada saat terjadi gempa di Bursa gempa tahun 1855, bangunan Masjid Hijau atau Green Mosque ini menjalani renovasi yang dipimpin oleh arsitek Léon Parvillée, sebagai Ahmet Vefik Pasha, Vali (gubernur) dari Bursa, akan tetapi tidak dapat menemukan seorang arsitek Turki yang berkualitas. Parvillée berhasil menyelamatkan masjid tapi dia tidak memiliki pengalaman dari arsitektur Ottoman pada zaman Seljuk awal. Dia juga terhambat oleh kekurangan uang dan tenaga kerja terampil. Dekorasi asli dari kubah dan dinding tidak dikembalikan. Tapi kapur nya mungkin akan lebih disukai daripada upaya gagal di mereproduksi cat lama.
masjid-hijau-atau-green-mosque-tour-ke-masjid-hijau-atau-green-mosque-turki
Seperti perkompleksan masjid di Turki pada umumnya, Masjid Hijau atau Green Mosque ini memiliki Turkish Bath dan juga Madrasah sebagai penunjangnya. Sekitar 100 meter jarak dari masjid itu. Juga dikelilingi oleh halaman persegi panjang dan beranda dengan kubah, madrasah berisi pusat pelatihan dan kamar bagi siswa. Madrasah dibangun kemudian telah berubah menjadi Museum Turki dan Seni Islam Selain itu ada kolam dengan sprinkler yang terbuat dari marmer di tengah halaman itu.Di tengah-tengah segi delapan Green Tomb, ada banyak sarcophaguses milik Celebi Sultan Mehmed, anak-anaknya Mustafa, Mahmud dan Yusuf dan putrinya Selçuk Hatun, Sitti Hatun dan Ayse Hatun dan juga Daya Hatun pengasuh dari Celebi Sultan Mehmed. Juga Prasasti yang diukir pada putih, biru, kuning dan biru ubin biru sarkofagus.
masjid-hijau-green-mosque-wisata-tour-ke-masjid-hijau-atau-green-mosque-turki
Di antara contoh arsitektur pertama dari Kekaisaran Ottoman, Masjid Hijau ini merupakan masjid megah dengan kapasitas dua ribu orang itu juga dimaksudkan untuk berfungsi sebagai rumah pemerintah. Masjid Hijau adalah contoh yang paling indah perpaduan antara kayu dan pengerjaan marmer, kaligrafi dan ornamen di wilayah Anatolia ini. .
Nah, setelsh membaca artikel diatas bagaimana? jadi tertarik untuk mengunjungi MAsjid Hijau di Bursa Turki kan? Yuk ke Turki ^_^
masjid-hijau-atau-green-mosque-tour-ke-masjid-hijau-atau-green-mosque-turki-bursa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s