Canakkale Turki dan Sejarah Kuda Troya

Canakkale Turki dan Sejarah Kuda Troya

Tentunya teman-teman tidak asing lagi mengenai Perang Kuda Troya dan kisah Achilles, nah kali ini saat wisata ke Turki tidak hanya di istanbul saja tepatnya akan mengajak teman teman berkunjung di Canakkale, teman-teman bisa loh menemukan dan menjelajahi Kota serta Kuda Troya! Dalam berbagai macam bahasa seperti Perancis dengan Troia, Troy dalam bahasa Inggris, Troya dalam bahasa Yunani, serta Truva dalam bahasa Turki dan begitu banyak sumber referensi terutama dalam bahasa peyebutan yang berbeda dapat ditemukan untuk penyelesaian mengenai kejadian ini, selain itu hal ini juga ditujukan untuk mengetahui serta menunjukkan peradaban besar yang terletak sekitar 31 km selatan barat dari Canakkale dalam perjalanan ke Izmir tepatnya terletak di pantai Asia dari Dardanella dimana Sungai  Skamander mengalir ke Laut Aegean. Karena lokasinya yang strategis antara benua Eropa dan Asia yang menghubungkan Aegean dan rute perdagangan Laut Hitam, Troia atau Troya telah menjadi pusat komersial penting selama ribuan tahun dan telah meraih begitu banyak serangan oleh negara-negara yang berbeda untuk menaklukkan kota ini.

Sejarah Troia atau Troya dimulai sejak Zaman Perunggu dan dimulai dengan legendaris Raja Priam dikenal sebagai Ilios atau Ilion, serta hancurnya benteng dan kota hancur pada akhir Perang Troya. Penggalian pertama di Troy dilakukan oleh Henrich Schliemann, seorang arkeolog amatir Jerman kayayang didasarkan pada catatan dan di tahun 1870 dan mulai menggali dan sayangnya harta Troy itu ditemukan dan kemudian dibawa keluar secara ilegal dari Turki. 

Troia atau Troy merupakan kota yang pernah hancur kemudian didirikan kembali diatas puing-puing kota yang telah hancur tersebut, hingga memunculkan beberapa lapisan yang mengindikasikan perkembangan kota Troy dari masa ke masa. Lapisan mewakili beragam peradaban besar bertanggal antara 3000 SM sampai 1200 AD, dari mitologi Yunani ke zaman Bizantium, dari Agamemnon dan Helen, untuk kaisar Romawi dan Hieros.

Lapisan TROIA

◉ Troy Aku 3200-2600
◉ Troy II 2600-2250
◉ Troy III 2250-2100
◉ Troy IV, 2100-1950
◉ Troy VI: 17 abad SM – 15 abad SM
◉ Troy VIa: Akhir Zaman Perunggu 14 abad SM
◉ Troy VIIA: CA 1300 SM – 1190 SM, Homer Troy
◉ Troy VIIB: abad ke-12 SM
◉ Troy VIIC: abad ke-11 SM
◉ Troy VIId: Tentang 950 SM
◉ Troy VIII: 700 SM Helenistik Troy
◉ Troy IX: ilium, 1 abad AD Roman Troja


TROIA dalam mitologi Yunani
Dalam mitologi, merupakan bukit di mana kota ini didirikan, adalah tempat dewi Athena dilemparkan ke bawah dari Olympus oleh Zeus. Pendiri Troy bernama Ilios yang merupakan anak dari Tros dari dinasti Dardanos. Tros memenangkan kompetisi yang diadakan oleh Raja Phrygiaand diberi banteng hitam sebagai hadiah. Ketika banteng berhenti di mana ia memutuskan untuk membangun kota, maka dari itu kota ini dikenal sebagai Troia karena nama pendirinya.

THE TROIA MUSEUM
Beberapa temuan dari Troy, dibuka pada tahun 1970, ditampilkan di museum di pintu masuk yang menampilkan berbagai macam artefak. Ada 4 besar ruang pameran yang harus dikunjungi sebelum menuju ke situs arkeologi. Sayangnya, banyak karya yang telah diselundupkan ke luar negeri, khususnya di Jerman dan Rusia, termasuk sejarah dan artefak dari Troy.

Nah bagaimana teman teman pasti tertarik bukan untuk mengunjungi Turki , tak hanya kisah Troy saja tetapi Turki juga menghadirkan berbagai macam kisah maupun bukti-bukti sejarah yang nyata dan bisa dilihat sampai sekarang yang perlu teman-teman ketahui. yuk wisata ke turki!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s