Mengarungi Selat Bosphorus di Turki

selat bosphorus wisata tour ke selat bosphorus istanbul turki

Selamat datang di Yokoso Eropa! Kali ini Yokoso Eropa akan memberikan sedikit info bagi kamu yang akan atau sedang merencanakan wisata ke turki, salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi saat mengikuti tour atau wisata ke Turki adalah Selat Bosphorus. Selat Bosphorus merupakan selat yang membelah Turki Eropa dengan Turki Asia yang membentang dari utara ke selatan yang menggabungkan antara Laut Marmara dengan Laut Hitam di Istanbul, dan memisahkan benua-benua Eropa dan Asia. Secara tradisional disebut Boğaziçi (boh-AHZ-ee-chee, “Within the Strait”), baru-baru ini disebut Istanbul Boğazı, Selat Istanbul, mungkin untuk membedakannya dari Dardanelles (Hellespont), yang disebut Çanakkale Boğazı.

Bosphorus telah menjadi jalur air yang paling penting sejak zaman kuno. Ulysses melewatinya. Byzas, yang mendirikan Byzantium (kemudian Konstantinopel, kemudian Istanbul) berlayar ke atas dan ke bawah mencari tempat yang tepat untuk menemukan desanya. Perlu teman-teman ketahui selat Bosphorus merupakan satu saluran pengiriman komersial tersibuk di dunia selain itu selat Bosphorus merupakan salah satu kunci dari Perang Dunia 1.

selat bosphorus wisata tour ke selat bosphorus turki

Menurut  legenda Yunani Zeus berselingkuh dengan wanita cantik bernama Io. Ketika Hera, istrinya, menemukan perselingkuhannya, dia mengubah Io menjadi seekor sapi dan menciptakan seekor kuda jantan untuk menyengatnya di atas pantat. Io melompat ke seberang selat. Jadi bous = sapi, dan poros = tempat persimpangan: Bosphorus = “persimpangan tempat sapi.”

ada yang menarik tentang selat Bosphorus ini. Penelitian arkeologi laut baru-baru ini di perairan Laut Hitam yang dalam dan dingin telah mengungkapkan kota-kota yang cekung di lereng bawah laut di sepanjang pantai Turki. Bukti geologi mendukung teori bahwa pada zaman kuno ujung utara Bosphorus terhalang oleh bumi dan batu karang. Laut Hitam tidak memiliki outlet (seperti Danau Van hari ini), dan permukaan airnya berada di bawah Laut Aegea, Laut Marmara, dan Bosphorus.

Namun, sebuah gempa menghancurkan penyumbatan Bosphorus, melepaskan banjir air dari Bosphorus ke Laut Hitam, meningkatkan tingkat air dan membanjiri masyarakat pesisirnya. Jadi mungkin saja Bosphorus adalah sumber banjir Nuh dan legenda Bahtera Nuh! (Gunung Ararat juga ada di Turki.)

selat bosphorus wisata ke selat bosphorus turki

Pada tahun 1452, Mehmet the Conqueror memerintahkan pembangunan benteng besar Rumeli Hisarı (Benteng Eropa) dan Anadolu Hisarı (Benteng Anatolia) sehingga dia bisa mengendalikan selat dan mencegah bala bantuan untuk mencapai ibukota Bizantium terkepung di Konstantinopel.

Bagi orang Utsmani,  selat Bosphorus ini merupakan hambatan,setiap musim semi mereka harus mengirim tentara raksasa mereka melintasi selat dari Istanbul untuk kampanye di Anatolia, Syria dan Persia.
selat bosphorus tour ke selat bosphorus turki

Nah bagaimana tertarik untuk mengunjungi selat bosphorus bersama mimin? hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s