Sedikit Kisah Istanbul, Kota 3 Kerajaan

selat bosphorus wisata tour ke selat bosphorus istanbul turki

Wisata ke turki tentunya tidak lengkap tanpa mengunjungi Istanbul. Istanbul adalah kota tua, disini kita bisa melihat sisa-sisa banyak peradaban kuno dan budaya mereka selaras dengan budaya Turki. Yang lama versus yang baru, tradisional versus modern adalah pemandangan yang sering diamati pengunjung. Kota ini penuh dengan kontras, dan pemandangan yang berwarna-warni, tempat angin bertiup dari tujuh puncak Olympios Anatolia bergabung satu sama lain. Istanbul terkadang digambarkan sebagai ‘persimpangan jalan di Eropa dan Asia’, Istanbul  yang dulunya Konstantinopel adalah kota metropolitan yang luas dan melayang dengan sejarah kekaisaran yang membentang lebih dari 1.600 tahun. Tidak lagi ibukota Turki tapi masih menjadi jantung budaya bangsa ini, kota berpenduduk 13 juta jiwa ini terbentang di kedua sisi jembatan darat yang membentang di dua benua. Posisi unik Istanbul di Selat Bosphorus, yang menghubungkan Laut Hitam ke Laut Marmara dan Laut Tengah, telah mengakibatkan kota ini menjadi pusat perdagangan dunia sejak era Bizantium.

Istanbul jatuh ke tangan Ottoman pada tahun 1453 namun tetap menjadi tempat perdagangan vital untuk rempah-rempah dan tekstil dibawa ke Eropa melalui Jalur Sutra dari tempat yang jauh seperti China. Karena posisi geografisnya yang strategis, Istanbul sering mengalami pengepungan selama berabad-abad. Hal yang dimulai sebagai pos terdepan Hellenic ke New Rome, ibu kota Kristen pertama di dunia, kemudian menjadi markas Sultan Ottoman, tuan dari Kekaisaran Muslim terbesar di dunia. Identitasnya hari ini sama sekali lebih sekuler namun tetap menggabungkan karakteristik Timur dan Eropa. Sebagai hasil dari sejarah yang kaya dan beragam, warisan arsitektur Istanbul tidak ada duanya. Contoh-contoh yang bagus terlihat di seluruh kota dengan masjid-masjid Ottoman yang menakjubkan, struktur Bizantium, tembok kota kuno dan gereja-gereja Orthodok yang masih terlihat baik

istanbul wisata ke turki istanbul

SEJARAH OLEH BYZANTIUM, CONSTANTINOPLE & ISTANBUL
Ketiganya adalah nama untuk sebuah kota dengan masa lalu yang indah yang menarik. Saat itulah ibu kota dari 2 kerajaan dunia yang tampaknya tidak sesuai. Kekaisaran Romawi timur, Bizantium, adalah Kristen, dijiwai dengan Eropa sedangkan Ottoman berakar pada tradisi dan aturan agama dunia terbaru, Islam, lahir di Asia. Penakluk Islam, bagaimanapun, tidak hanya mengambil alih kekayaan negara, mereka mengambil alih dan mengadopsi sesuatu yang nampaknya berharga; Arsitektur Bizantium, gereja sebagai model untuk masjid, bak mandi, waduk, persediaan air, dan lain-lain. Dengan demikian, ibu kota mereka menjadi jembatan antara timur dan barat, dan bangunan dari kedua era dan kedua budaya tersebut tetap berdiri tegak berpihak hari ini.

Bosphorus tidak hanya membagi Eropa dan Asia, tapi juga kota yang karenanya menjadi jembatan antara dua benua dan budaya. Terletak di pusat dunia, İstanbul adalah kota metropolis penting yang terkenal dengan monumen bersejarah dan keindahan yang menakjubkan. Inilah satu-satunya kota di dunia yang menyebar ke dua benua. Terletak di wilayah di mana Eropa dan Asia dipisahkan oleh selat sempit, Bosphorus. Ini memiliki sejarah yang penuh warna dan dinamis 2500 tahun. Setelah berdirinya kota pada saat ini pemisahan dua benua dimana daratan dan laut saling berpelukan, daerah tersebut mendapat kepentingan strategis dan segera menjadi pusat perdagangan dan perdagangan.

Kota bersejarah Istanbul terletak di semenanjung yang diapit oleh Laut Marmara, pintu masuk ke Bosphorus dan Golden Horn. Itu adalah ibu kota tiga kerajaan besar: “Romawi, Bizantium dan Ottoman”. Selama tahun 1600 itu, lebih dari 120 kaisar dan sultan memerintah di kota. Tidak ada kota lain di dunia yang bisa mengklaim kemegahan seperti itu. Selama perkembangannya, kota ini diperbesar empat kali dan setiap kali tembok kota dibangun lebih ke arah barat. Kota Istanbul dikelilingi oleh tembok kota Romawi , tersebar di 7 bukit dan masjid-masjid yang dibangun oleh Sultan Utsmaniyah di perbukitan ini, menghiasi kota seperti mahkota, merasakan ratu kota dunia. Langit kota tampak tenang, megah dan indah dari segala arah. Tanduk Emas yang merupakan pelabuhan alami yang luar biasa aman, memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan kota sepanjang sejarahnya menjadikan Istanbul adalah kota yang paling ramai di Turki.

Nah bagaimana tertarik untuk pergi ke Turki? bisa di cek paket wisata ke Turki disini bagi yang ingin private tour bisa klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s