Berkunjung ke Waduk Bawah Tanah Basilica Cistern di Istanbul Turki

basilica cistren tour ke istanbul turki

Wisata ke turki selalu menyediakan hal yang tentunya unik dan menarik, tepatnya saat wisata ke istanbul turki teman-teman harus berkunjung ke waduk bawah tanah Basilica Cistern di Istanbul Turki. Basilica Cistern ini dibangun pada tahun 532 atas perintah kaisar Justisian. Basilika Bawah Tanah (Juga disebut Tadah Bawah Tanah) adalah penampungan air yang masih terawat dengan baik dan juga terbesar di Istanbul. Menurut catatan sejarah, lebih dari 7.000 budak terlibat dalam pembangunan penampungan air ini.

Underground Basilica atau Basilica Cistern dirancang sebagai penyimpanan air untuk melayani Istana Besar Bizantium dan bangunan sekitarnya dengan kapasitas 80.000 cu meter air yang dikirim melalui 20 km saluran air dari reservoir dekat Laut Hitam.
basilica cistren wisata ke istanbul turki
Alasannya disebut Basilica Cistern, karena letaknya di bawah Basilika Stoa yang merupakan salah satu lapangan besar di Seven Hills pertama di Konstantinopel. Setelah relokasi kaisar Bizantium dari Istana Besar, Tadah Bawah Tanah ditutup dan dilupakan oleh pemerintah kota sebelum Penaklukan.

Basilica Cistern ditemukan kembali pada tahun 1545 oleh sarjana Petrus Gyllius, yang meneliti barang-barang antik Bizantium dan diberitahu oleh penduduk setempat bahwa mereka dapat memperoleh air dengan menurunkan ember ke dalam ruang gelap di bawah lantai basement mereka dan bahkan kadang-kadang menangkap ikan air tawar. Beberapa penelitian antara ruang bawah tanah penduduk setempat, Gyllius menemukan akses utama ke sumur.
Basilica Cistern sudah melewati beberapa restorasi sejak ditemukan. Awal perbaikan dilakukan dua kali selama Kekaisaran Ottoman di abad ke-18 pada masa pemerintahan Ahmed III pada tahun 1723 oleh arsitek Muhammad Agha dari Kayseri. Perbaikan rinci kedua diselesaikan pada abad ke-19 pada masa pemerintahan Sultan Abdulhamid II (1876-1909). Dan akhirnya Underground Basilica direnovasi pada tahun 1985 oleh pemerintah Istanbul dan membuka Basilica Cistern ke Publik pada tahun 1987

Kepala Medusa
Mungkin sorot paling menarik di tempat penyimpanan air ini adalah kepala Medusa terbalik yang terletak di sudut barat laut waduk. Tidak ada yang tahu dari mana sebenarnya kedua kepala Medusa ini berasal, namun kemungkinan kepala diangkat / dikeluarkan dari bangunan periode akhir Romawi dan dipindahkan ke basilika ini. Juga beberapa orang percaya bahwa keinginan mereka akan terwujud setelah melemparkan koin ke air magis ini di sekitar kepala Medusa.

Sekarang ini Basilica Cistern adalah salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul. Nah bagaimana tertarik untuk pergi ke Turki? bisa di cek paket wisata ke Turki disini bagi yang ingin private tour bisa klik disini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s