Menikmati Suasana Istanbul di Gulhane Park dan Kolam dari Abad ke 4

gulhane park wisata tour ke gulhane park istanbul turki

wisata ke Turki tentunya tak lengkap sembari menikmati pemandangan alamnya, nah kali ini akan sedikit bercerita tentang taman gulhane. Terletak di sekitar wilayah Istana Topkapi  Istanbul, taman Gulhane telah menyaksikan peristiwa penting sepanjang sejarah. Dahulu kala ada sebuah tempat ibadah di taman Gulhane karena dipikir oleh orang Byzantin sebagai tempat suci. Juga Bizantium yang digunakan di sini sebagai pos militer sebelum mereka membangun Istana Mangana.

Setelah penaklukan Istanbul oleh Fatih Sultan Mehmet pada tahun 1453, Istana Topkapi dan Mansion Incili dibangun di sebelahnya. Jadi, Taman Gulhane yang berdampingan dengan kompleks Museum Acheologi digunakan taman pribadi sultan di Istana yang terkenal itu. Karena itu berbagai jenis bunga ditanam di sini seperti mawar, tulip, bunga lili, ungu ungu dan bunga aster yang berbau fantastis. Bahkan sampai hari ini, bau itu terus berefek; Ketika Anda masuk ke taman itu, Anda merasa seolah-olah berada di surga.
gulhane park wisata tour ke istanbul turki
Pada saat yang sama taman yang mempesona adalah tempat pertama Ottoman mengambil langkah pertama menuju modernisasi. Simbol modernisasi, ” rescript of gülhane ” (Tanzimat Fermani in Turkish) dinyatakan oleh menteri luar negeri, Mustafa Resit Pasha pada periode sultan Abdulmecid 3 oktober 1839 di sini. Juga dikenal sebagai Gulhane hatt-i humayunu, rescript itu menciptakan pengaruh yang luar biasa. Perkembangan penting lainnya, pemimpin besar Mustafa Kemal Ataturk, guru pertama dan presiden republik ini memperkenalkan Alfabet Latin ke publik di Taman Gulhane.

Kecuali untuk fitur tersebut, taman Gulhane memiliki keindahan estetika dengan patung Asık Veysel yang terkenal, bard berharga orang Turkis dan Kolam Gotlar milik zaman Romawi Kuno.

KOLAM GOTLAR
Terletak di Gulhane Park, Gotlar Column diperkirakan dibangun pada abad ke-4. Itu dibangun setelah sebuah kemenangan militer atas Goth. Kolamnya sedalam 15 meter dan bertumpu pada alas tiga langkah. Kolom itu diukir dari satu-satunya batu dan hanya dihias oleh Korintus termasuk hiasan elang.

Juga Taman Gulhane disebutkan dalam banyak puisi dan nyanyian. Misalnya, penyair agung Nazim Hikmet menulis sebuah puisi bernama Ceviz Agacı (Walnut Tree) tentang Gulhane.

Hari ini bagi para pengunjung ada banyak kafe, restoran dan rumah teh yang mengelilinginya. Saat Anda minum kopi Anda, Anda akan melihat pemandangan unik taman itu.

Nah bagaimana tertarik untuk pergi ke Turki? bisa di cek paket wisata ke Turki disini bagi yang ingin private tour bisa klik disini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s