Melihat Kemegahan Dinding Kota Istanbul Turki

tembok istanbul tour ke tembok istanbul turki

Sebagai sebuah kota yang pernah menjadi pusat dari 3 kerajaan serta peradaban, tentunya Istanbul memiliki pertahanan yang sangat sulit ditembus, sampai saat ini jika wisata ke istanbul turki kita masih bisa menyaksikannya. Dinding kota Istanbul pertama dibangun untuk melindungi acropolis, ditempatkan di tempat dekat dengan Istana Topkapi hari ini. Baris kedua didirikan oleh Kaisar Romawi Septimius Severus pada tahun 203 dan berada di luar tembok Yunani sekitar 300 meter. Di antara banyak monumen terkenal di Istanbul, tembok kota yang telah berusia berabad-abad ini adalah yang paling menonjol. Tembok ini membentang sejauh 22 kilometer, membentang dari Laut Marmara ke Tanduk Emas dan dalam sejarahnya hanya dua kali tembok ini bisa tertembus. Yang pertama dibongkar oleh Tentara Salib Latin yang seharusnya menuju ke Tanah Suci pada tahun 1204 dan lagi pada 1453 oleh orang-orang Turki Utsmani yang mencoba menaklukkan kota Konstantinopel.

Suatu ketika Konstantinopel (Istanbul) mengganti tembok karena memiliki kepentingan geopolitik dan juga kota yang indah. Setiap negara berjuang untuk mengambil kota yang strategis ini. Selanjutnya, publik Konstantinopel mendapat tindakan dengan mendirikan tembok.

tembok istanbul wisata tour ke tembok istanbul turki

Pada awalnya tembok kota digunakan sebagai mekanisme pertahanan untuk mencegah serangan dari negara lain. Panjangnya sekitar enam kilometer dengan 27 menara tersebar. Baris kedua didirikan oleh Kaisar Romawi Septimius Severus pada tahun 203 dan terletak di luar tembok sekitar 300 meter. Setelah itu, pada tahun 324 M, Konstantin Agung memerintahkan untuk membangun kota tersebut ke ibukota timur, temboknya dibangun sekitar enam kilometer lebih jauh ke barat.

Dibangun oleh Kaisar Theodosius II antara 412 dan 413 M, dinding, yang sekarang dikenal sebagai Dinding Theodosian, memiliki tiga bagian – dinding utama, dinding depan yang lebih rendah dan parit atau parit terbagi sedemikian rupa sehingga bisa diisi dengan air. .
tembok istanbul wisata tour ke tembok istanbul
Tapi dindingnya rusak parah pada 447 M karena gempa. Selama tahun-tahun ini, Attila the Hun menyerang dan menaklukkan kota-kota Bizantium di daerah Balkan dan juga sampai di tembok Konstantinopel, namun pejuang besar itu gagal karena tidak ada senjata untuk menyerang tembok seukuran ini pada saat itu. Oleh karena itu, Bizantium yang ketakutan segera memperbaiki dinding yang rusak pada 448. Selama kurun ini kaisar membangun dinding laut.

Sebenarnya tembok laut itu banyak mengusir musuh, misalnya; Di antara 672 dan 673 orang Arab menyerang tembok tersebut namun mereka gagal karena Bizantium mengembangkan teknik yang disebut Api Yunani yang merupakan sejenis cairan bakar untuk ditembak pada musuh. Orang-orang muslim seperti orang Arab ingin mengambil alih kota itu dengan menghancurkan tembok itu, teman Nabi Muhammad, Sultan Eyud mati dan dikuburkan di luar tembok. Juga diperintahkan dalam hadits untuk mengambil alih kota. Seperti yang terlihat bahwa banyak orang mencoba untuk mengambil kota itu tapi gagal. Akhirnya Kekaisaran Ottoman yang hebat Fatih Sultan Mehmet berhasil menaklukkan tembok-tembok tersebut.

tembok istanbul wisata ke tembok istanbul turki

Fatih Sultan Mehmed diperbaiki dan diperkuat melawan serangan apapun. Dia menambahkan tiga menara ke empat sudah dibangun di Golden Gate. Kemudian dibuat tujuh menara bernama Yedikule “atau Seven Towers dalam bahasa Turki.

Hari ini, saat Anda berkunjung di Istanbul, Anda bisa melihat sisa-sisa dinding yang menakjubkan itu.

Nah bagaimana tertarik untuk pergi ke Turki? bisa di cek paket wisata ke Turki disini bagi yang ingin private tour bisa klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s