Wisata ke Turki Mengunjungi Hagia Sophia Bukti Nyata Keharmonisan Islam dan Kristen

Wisata ke Turki Mengunjungi Hagia Sophia Bukti Nyata Keharmonisan Islam dan Kristen

aya-sofya-wisata-ke-hagia-sofia-turki

Wisata ke Turki Mengunjungi Hagia Sophia Bukti Nyata Keharmonisan Islam dan Kristen  –  Wisata ke Turki Istanbul tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi  salah satu rekomendasi tempat wisata di Turki yang satu ini. Yap yaitu Hagia Sophia, perlu teman-teman ketahui untuk masuk di Hagia Sophia kami harus rela antri sepanjang  100 meter. Semua itu terbalaskan kerika melihat langsung keindahan Hagia Sophia yang dikenal juga dengan nama Aya Sofya, dengan berbekal tiket seharga 20 lira kami masuk ke dalam bangunan bersejarah di Turki ini yang umurnya lebih lama dari Borobudur!  Di halaman depan Hagia Sophia kita disambut oleh Sadirvan yaitu tempat mengambil wudu yang saat ini tidak lagi difungsikan. Jalan masuk kedalam Hagia Sophia dihiasi dengan peninggalan dari bangunan awal Hagia Sophia yang sudah hancur.

lukisan yesus diantara kaligrafi allah dan muhammad

Arti nama Hagia Sophia

Tentunya penasaran mengenai arti nama Hagia sophiakan? Sebelum cerita lebih lanjut, Hagia Sophia ini merupakan salah satu bangunan sejarah di  turki yang menyimpan banyak cerita. Bangunan yang merupakan bekas masjid di  Istanbul, Turki ini dulunya sebuah gereja yang dibangun oleh Raja Konstantius, putra dari Konstantin Agung. Hal ini ditunjukkan dengan Hagia Sophia mayoritas gaya arsitektur dari Bizantium yang indah. Secara harfiahnya nama Hagia Shopia berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti Holy Wisdom.

aya-sofya-wisata-tour-ke-hagia-sofia-turki

 

Hagia Sophia menjadi Masjid

Setelah Kota Konstantinopel ditaklukkan dan jatuh ke tangan Kesultanan Utsmaniyah tahun 1453, Hagia Sophia beralih sebagai Masjid. Perlu teman-teman ketahui saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II dan memasuki kota, Mehmed II turun dari kuda dan bersujud syukur kepada Allah SWT, lalu pergi memasuki Gereja Hagia Sophia dan memerintahkan untuk mengubahnya menjadi masjid yang dikenal dengan Aya Sofia.

Saat ini Hagia Sophia telah difungsikan menjadi sebuah museum di tahun 1990,  Pemerintah Turki menjadikan Hagia Sophia sebuah Museum yang bisa dimasuki oleh para wisatawan. Meskipun telah dijadikan museum public, sisa-sisa peninggalan gereja dan masjid masih terjaga rapi, tak heran karena keindahan arsitekturnya Hagia Sophia menjadi lokasi untuk syuting ’99 Cahaya di Langit Eropa’. Inilah salah satu keunikan bangunan ini meskipun telah dirubah menjadi masjid, tidak ada perubahan drastis arsitektur maupun interior Hagia Sophia. Perubahan di Hagia Sophia hanya berupa penambahan kaligrafi Islam dan mimbar untuk tempat imam salat.

Sebelum masuk ke Hagia Sophia  lebih jauh dari kejauhan telah disuguhkan pemandangan satu kubah besar serta delapan kubah yang lebih kecil, arsitekturnya terlihat sangat mencolok dan sangat megah. Saat berwisata ke Hagia Sophia seperti datang di negeri dongeng dengan memasuki istana yang megah.

interrior hagia sophia

Interior Hagia Sophia

Di dalam Hagia Sophia, pada lantai dasarnya kita akan dibuat terpesona dengan keindahan tiang-tiang penopang dari Hagia Sophia yang sebegitu kokohnya sampai sekarang padahal telah berdiri sejak 15 abad lalu. Tak hanya berdiri kokoh, ukiran yang beradat pada pilar tersebut juga sangat luar biasa indahnya, sangat detail untuk ukuran bangunan bersejarah yang sangat tua. Ketika masa Bizantium, menurut ceritanya Kaisar mendapat tamu  para pendeta-pendeta datang dari Persia yang terkejut, kagum, dan takjub melihat keindahan serta kemegahan Hagia Sophia hingga berkata “Kami tidak tahu lagi apakah kami sekarang masih berada di dunia atau berada di surga”.

Dibagian kubah dari Hagia Sophia terlihat paduan tulisan kaligrafi yang tidak biasa yaitu Allah dan Muhammad tapi bagian tengahnya terpampang jelas gambar Yesus. Didepan terdapat mimbar yang digunakan sebagai tempat imam memimpin shalat. Selain itu, jika melihat ke langit-langit Hagia Sophia yang  berwarna kuning tua terdapat lukisan Bunda Maria. Sementara di dindingnya dihias dengan kaligrafi-kaligrafi yang indah. Sedangkan bagian tengah ruangan di hiasi dengan lampu-lampu gantung, membuat  interior Hagia Sophia terasa megah dan romantis. Relung-relung tinggi Hagia Sophia dan dinding-dinding kuno Hagia Sophia yang tebal seolah olah memisahkan dengan hiruk pikuk dunia modern di luar.

Nah bagaimana mengenai Wisata ke Turki Mengunjungi Hagia Sophia Bukti Nyata  Keharmonisan Islam dan Kristen? Semoga perjalanan wisata ke Turki anda semakin menyenangkan. Bagi yang ingin ke Turki kami sudah menyedikan berbagai macam pilihan wisata ke Turki untuk anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s