Wisata ke Turki mengunjungi Keunikan Gunung Nemrut

Wisata ke Turki mengunjungi Keunikan Gunung Nemrut

gunung namrut wisata tour ke gunung namrut turki

Wisata ke Turki mengunjungi Keunikan Gunung Nemrut – Wisata ke turki selalu menghadirkan hal yang unik untuk selalu disimak, nah salah satunya adalah Gunung Nemrut yang sangat unik ini? Uniknya dimana nih? Yuk langsung disimak aja! Gunung Nemrut (Nemrut Dagi dalam bahasa Turki) adalah situs monumental milik Kerajaan Komagen(Commagene), sebuah kerajaan Armenia kecil yang independen yang dibentuk pada tahun 162 SM. Ini adalah periode di mana Kekaisaran Seleukus yang dulu perkasa mulai hancur, sehingga wilayah-wilayah tertentu dari kekaisarannya terbebas dari kendali pusat Seleukus. Terletak di pegunungan Taurus bagian timur di Turki selatan, dekat kota Adiyaman, Gunung Nemrut adalah rumah bagi kompleks kuno yang dibangun oleh raja Komagene yang paling terkenal di Antiokhus I Theos (‘God King’) .

gunung namrut paket wisata tour gunung namrut turki

Raja Antiokhus I, penguasa Komagen dari tahun 70 SM sampai 36SM, adalah raja yang paling tidak biasa. Kenapa? Dia mengklaim keturunan dari penakluk Yunani Alexander Agung di sisi ibunya, dan dari Raja Persia Darius Agung di sisi ayahnya, sehingga menggabungkan barat dan timur. Tapi yang sangat menonjol tentang raja ini adalah kebanggaannya yang tak bertuannya dan egonya yang terlalu panjang. Antiokhus mengklaim bahwa dia memiliki hubungan khusus dengan para dewa dan melembagakan kultus kerajaan dalam bentuk Yunani dari agama Zoroastrianisme dengan maksud yang jelas untuk disembah sebagai tuhan setelah kematiannya.

Raja Antiokhus mempraktekkan astrologi jenis yang sangat esoteris, dan meletakkan dasar untuk sebuah reformasi kalender, dengan menghubungkan tahun Komagene, yang sampai saat itu didasarkan pada pergerakan Matahari dan Bulan, ke Sothic-Anahit (Star of Sirius ) Dan siklus Hayk (Star of Orion) yang digunakan oleh orang Mesir sebagai basis kalender mereka. Ini akan menunjukkan bahwa Antiokhus memiliki pengetahuan tentang astronomi, tetapi tidak sepenuhnya diinisiasi ke dalam Hermetisisme.

gunung namrut paket tour ke gunung namrut turki

Antiokhus menugaskan pembangunan tempat kudus yang megah di Gunung Nemrut (Nemrud Dagi), yang merupakan sebuah gunung setinggi 2.100 meter di mana orang bisa datang dan berdoa kepadanya. Antiokhus ingin tempat kudus-Nya berada di tempat yang tinggi dan suci, dekat dengan para dewa agar bisa berada dalam barisan bersama mereka, dan cukup tinggi bahwa seluruh kerajaan dapat melihatnya dan mengingatnya. Tempat suci yang berupa makam dibangun pada tahun 62 SM dan terdiri dari gundukan batu berbentuk piramida dengan diameter 145 m dan tingginya 50 m. Dua rute prosesi antik muncul dari teras timur dan barat. Skala struktur ini dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membangunnya sangat mengesankan. Namun demikian, asimilasi budaya tercermin dalam monumen ini yang membedakannya dari kebanyakan suprastruktur lainnya.

Antiokhus sendiri menyebut Gunung Nemrut sebagai hierarki, atau ‘tempat tinggal bersama semua tuhan di sebelah takhta surgawi’. Upaya untuk mengumpulkan semua dewa yang dikenal di Gunung Nemrut dapat dilihat di teras timur dan barat gundukan tersebut. Di teras timur Gunung Nemrut, ada deretan lima patung batu kapur kolosal. Serangkaian patung yang identik dapat ditemukan di teras barat. Patung-patung duduk menghadap ke luar dari tumulus, dan diapit oleh sepasang patung binatang penjaga – seekor singa di satu ujung dan seekor elang di sisi lain. Sebuah prasasti mengacu pada puncak sebagai tempat peristirahatan sakral dimana Antiokhus, merupakan ‘God King’ akan diletakkan untuk beristirahat dan jiwanya akan bergabung dengan dewa-dewa lain di alam.

gunung namrut paket wisata tour ke gunung namrut turki

Berdasarkan temuan prasasti di patung-patung tersebut telah diidentifikasi sebagai patung yang mewakili Antiokhus I sendiri, Commagene, Zeus-Oromasdes, Apollo-Mithras-Helios-Hermes dan Artagnes-Herakles-Ares. Patung Antiokhus I menunjukkan bahwa kultus penguasa Helenistik diadopsi oleh raja Commagenian. Penerapan praktik keagamaan Helenistik ini diperkuat dengan hadirnya dewa Helenistik standar seperti Zeus, Apollo dan Ares. Namun, pada saat yang sama, dewa-dewa Timur, seperti Oromasdes dan Mithras bergabung dengan rekan-rekan Helenistik mereka. Dengan demikian, seseorang dapat melihat bahwa Antiokhus saya mencoba mencapai semacam sinkretisme religius. Usaha Antiochus I untuk mempertemukan Timur dan Barat juga dapat dilihat di dua baris lapisan batu pasir yang terpasang di tiang tumpuan. Pada satu baris stelae, patung legenda nenek moyang Persia Antiochus dapat dilihat, sementara deretan stelae lainnya menggambarkan nenek moyang Macedonia. Dengan demikian, Antiokhus dapat menggunakan silsilahnya yang terkenal untuk membenarkan klaimnya terhadap tahta Commagenian. Mungkin bangunan di Gunung Nemrut merupakan upaya oleh Antiokhus untuk memperkuat pemerintahannya dan penerusnya.

gunung namrut paket wisata ke gunung namrut turki

Antiokhus menginstruksikan bahwa setiap tahun setelah kematiannya, perayaan besar akan diadakan di tempat kudus – hari kelahirannya dirayakan pada tanggal 16 setiap bulan dan penobatannya dirayakan pada tanggal 10 setiap bulannya. Imam yang ditunjuk oleh Antiokhus mengadakan persembahan dan melakukan ‘pengorbanan yang indah’ ​​di altar untuk menghormati raja yang termasyhur. Tempat perlindungan Antiokhia dilupakan selama berabad-abad, sampai ditemukan kembali oleh seorang arkeolog Jerman pada tahun 1883. Pada tahun 1987, Gunung Nemrut dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO

Nah bagaimana mengenai Wisata ke Turki mengunjungi Keunikan Gunung Nemrut? Semoga perjalanan wisata ke Turki anda semakin menyenangkan. Bagi yang ingin ke Turki kami sudah menyedikan berbagai macam pilihan wisata ke Turki untuk anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s