Menjelajahi Selat Bosphorus di Istanbul Turki, Sekaligus Menikmati Eksotisme Eropa dan Asia

Menjelajahi Selat Bosphorus di Istanbul Turki, Sekaligus Menikmati Eksotisme Eropa dan Asia

selat bosphorus wisata tour ke selat bosphorus istanbul turki

Menjelajahi Selat Bosphorus di Istanbul Turki, Sekaligus Menikmati Eksotisme Eropa dan Asia – Wisata ke Turki memang unik, di Istanbul turki dimana kita bisa menikmati indahnya pemandangan asia sekaligus eropa. Benua Eropa dan Asia hanya dipisah oleh sebuah selat,  bosphorus namanya. Bosphorus merupakan selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan Turki bagian Asia. Selat ini juga yang menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Laut Marmara terhubung dengan Laut Aegea, dalam ceritanya Homer adalah jalur yang digunakan Achilles untuk menyerang Troy di Asia kecil, dan lebih ke selatan dengan Laut Mediterania. Mulai era Yunani hingga era Byzantium dan Utsmani, Selat Bosphorus di Istanbul Turki telah menjadi  pusat perbelanjaan rempah-rempah.
Selat yang memiliki panjang 30 KM ini , dengan lebar  kisaran 750 hingga 3.700 meter. Dengan kedalaman dari 36 meter sampai 124 meter. Di sisis sevkah kanan dan kiri selat kita dapat merasakan bagaimana kecantikan serta keindahan Istanbul. Sebelum menikmati lebih lanjut keindahan selat bosphorus, yuk kita lihat beberapa cerita mengenai selat bosphorus yang ini.

Bosphorus sebagai saksi sejarah

Selat Bosphorus menjadi saksi sejarah Sultan Mehmet II sang Penakluk saat menaklukkan Konstantinopel. melalui selat inilah Sultan Mehmet II sang Penakluk masuk, Saat itu tentara Romawi yang memiliki banyak pengalaman – pengalaman perang tidak akan membiarkan rencana serangan ini. aka dari itu dipasanglah rantai-rantai besar melintangi selat Bosphorus, hingga kapal-kapal perang Sultan Mehmet II sang Penakluk tidak bisa memasukinya. Tetapi Sultan Mehmet II sang Penakluk tak kalah cerdasnya. Pada tengah malam, bersama pasukannya,  Sultan Mehmet II sang Penakluk memindahkan kapal-kapal perang Ottoman  yang sebanyak 70 buah melintasi pagar-pagar rantai bawah laut dengan cara mengangkat semua kapal-kapal itu ke daratan. Bayangkan saja! Sultan Mehmet II sang Penakluk beserta pasukannya menaikkan kapal tersebut ke daratan, lalu menariknya saat berada di daratan, terus begitu sampai melewati tempat yang terdapat rantai-rantai bawah laut tersebut, kemudian kapal-kapal itu dimasukkan lagi ke lautan.
Dengan cara itu, Sultan Mehmet II sang Penakluk berhasil menaklukkan Konstantinopel, dengan menyerang titik lemah benteng disekeliling pasukan Romawi yang luasnya 21 KM yang terdiri dari dua lapis (lapis pertama setebal 2 meter dan lapis kedua setebal 4 meter). Hal tersebut menunjukkan bahwa pasukan Romawi tampak lalai pada kemungkinan serangan kejutan dengan cara mengangkat semua kapal-kapal perang melalui daratan. Selain itu selat Bosphorus menjadi saksi Istanbul selama ribuan tahun menjadi Ibu Kota dari Kekaisaran Byzantium, Kekhalifahan Utsmani, dan Republik Turki, sebelum dipindahkan oleh Mustafa Kemal Ataturk ke Ankara pada 1937.

selat bosphorus wisata ke selat bosphorus turki

Tour ke selat Bosphorus

Jika ingin mengarungi selat Bosphorus begitu sampai di dermaga banyak orang yang menawarkan tiket Bosphorus Cruise. Boshporus Cruise yang penulis ikuti merupakan short circle cruise. Selain itu, terdapat pula Full Bosphorus Cruise yang tentunya lebih memuaskan dengan jarak yang di tempuh lebih jauh, serta tiket Sunset Cruise untuk bisa menikmati sunset dengan menikmati selat bosphorus.

Takterasa kapal yang  penulis tumpangi sudah berangkat, perjalanan kali ini diiringi sejuknya angin yang berhembus, ditambah udara bersih, serta langit biru dan cerah. Penulis tidak ingin begitu saja melewatkan momen dengan berada di dalam ruang kapal. Diatas dek dapat melihat lebih dekat panorama indah kanan kiri tepian Selat Bosphorus. Dan selat Bosphorus ini selelu bersih!

Dari atas kapal hamparan pemandangan yang indah mulai menghiasi perjalanan cruise ini, di sisi kiri dan kanan kapal kita bisa menyaksikan beragam landmark dan bangunan berarsitektur bermacam-macam seperti khas eropa, asia, bahkan mediterania. Pemandangan yang mengagumkan ini akan terus memanjakan mata mulai dari sisi utara selat bosphorus hingga di bagian selatannya.

Di selat bosporus ini kita bisa menikmati bagimana keindahan jembatan bosphorus sebagai penghubung antara 2 benua yang bernama jembatan fatih sultan mehmet yang menghubungkan benua asia dan benua eropa. Selesai dibangun pada tahun 1988, saat itu jembatan fatih sultan mehmet  menjadi jembatan gantung terpanjang nomor 5 di dunia dan sekarang jembatan tersebut ada pada nomor 19. Jembatan ini mengambil nama dari Sultan Utsmaniyah abad ke-15 (Mehmed sang Penakluk), yang berhasil menaklukan ibukota Bizantium, yaitu Konstantinopel) pada tahun 1453.

Beberapa obyek wisata yang dapat kami nikmati dengan tour bosphorus cruise :

Istana Dolmabahce

Dari atas kapal  kita bisa melihat istana Dolmabahce yang megah, dan dibangun menyerupai istana-istana gaya Eropa. Dengan segala kemewahan, kebesaran serta kemegahannya. Istana ini merupakan pusat dari administrasi utama Kekaisaran Ottoman.

istana-dolmabahce-wisata-ke-istana-dolmabahce-turki

Istana Topkapi

Topkapi Palace merupakan istana kesultanan Utsmaniyah (Ottoman) yang ditempati sekitar tahun 1465-1853. Letaknya hanya beberapa puluh meter dari Grand Mosque, Hagia Sophia serta Grand Bazaar. Istana Topkapi sangatlah luas sekali karena menurut cerita dihuni oleh lebih dari 4000 orang. Dengan Pagar benteng yang sebagian besar masih utuh menunjukkan betapa megahnya Istana Topkapi ini.

istana-topkapi-wisata-tour-ke-istana-topkapi-turki

Maiden Tower

Sungguh unik, Maiden’s Tower ini terletak di tengah-tengah selat  seperti sebuah pulau kecil. Menurut kisahnya, Maiden’s Tower merupakan istana yang dibangun sultan di tengah laut untuk putrinya yang akan tewas digigit ular berbisa. Supaya terhindar dari ramalan, dibuatlah menara di tengah laut untuk melindungi dan mengasingkan sang puteri. Tetapi, sang puteri mati digigit ular berbisa yang menyusup kedalam keranjang buah anggur yang dibawa oleh para pelayannya.

Pastinya, letak pulau kecil ini sangatlah strategis sehingga fungsinya terus menerus berubah. Pada tahun 341 sebelum Masehi pernah dijadikan musoleum. Pada tahun 410 Masehi, menjadi pangkalan bea cukai lalu lintas perdagangan yang melewati Selat Bosporus. Serta pernah menjadi sebuah benteng kecil dan tempat untuk mengintai. Baru pada sekitar 1920-an, menara yang berada dipulau kecil tersebut dijadikan mercusuar, dan ahirnya kini dijadikan restoran.

menikmati maiden tower paket wisata menikmati maiden tower turki

Masjid Ortakoy dengan taman yang indah

Masjid Ortakoy terlihat sangat megah disisi selat bosphorus ini. Bangunan masjid memang tidak semegah Blue Mosque. Tetapi lokasinya yang terletak tepat di pinggiran Selat Bosphorus ini menjadikan Ortakoy Mosque menjadi sudut unik dari Istanbul yang paling unik dan menarik untuk diabadikan serta ditambah pemandangan dari jembatan Bosphorus sebagai backgroundnya.

menikmati paket wisata cruise istanbul turki

Benteng Rumeli Hisari

Selat Bosphorus menawarkan keindahan sebuah benteng, darisini juga bisa melihat serta mengambil gambar betapa megahnya benteng Rumeli Hisari, yang dibangun pada tahun 1452 oleh Sultan Mehmed II untuk mengamankan Selat Bosphorus serta  menghubungkan Kesultanan Ustmani Asia dan Eropa dan juga sebagai pemotong selat  bosphorus yaitu untuk menahan dan mengawasi pasokan logistik di sekitar Konstantinopel.

menikmati paket wisata cruise di istanbul turki

Perumahan di Bosphorus yang menawan dan MAHAL

Selain eksotisme bangunan kuno dari sini bisa melihat perumahan, restoran dan hotel di tepi laut dengan arsitektur yang sangat menawan. Perumahan yang memiliki usia ratusan tahun lalu masih terlihat berdiri dengan kokoh dan megah. Lokasinya berada di tepian Benua Asia. Penduduk Turki biasa menyebut rumah disekitaran selat dengan dengan “Yale”, yaitu Rumah yang berada di tepi selat bosphorus dengan usia ratusan tahun, yang dibangun kisaran abad ke-17 hingga ke-18. Untuk harga perumahan ini, bisa sampai jutaan euro!
Bukan sembarang orang yang dapat memiliki rumah yang berada di lokasi indah ini. Terdapat dua rumah berwarna merah yang dibangun kisaran abad ke-19, dimiliki oleh Koc, yang merupakan orang terkaya di Turki. Selain itu dua bangunan kembar dengan gaya modern telah  dimiliki orang kaya di Turki, Sabanci Family yang merupakan kedua terkaya di Turki.

menikmati paket wisata cruise di istanbul bersama tour turki

Tak terasa 1.5 jam dapat menikmati perjalan yang singkat ini di selat yang telah membelah Asia dan Eropa. Sungguh begitu pengalaman yang tak terlupakan!

Nah bagaimana mengenai Mengarungi Selat Bosphorus Istanbul Turki, Sekaligus Melihat Eksotisme Asia dan Eropa? Semoga perjalanan wisata ke Turki anda semakin menyenangkan. Bagi yang ingin ke Turki kami sudah menyedikan berbagai macam pilihan wisata ke Turki untuk anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s