Wisata ke Eropa Perubahan Masjid Cordoba di Spanyol dari mulai Kuil, Gereja hingga Masjid

paket tour ke eropa wisata ke eropa mengunjungi masjid agung cordoba di spanyol 4

Wisata ke Eropa Perubahan Masjid Cordoba di Spanyol dari mulai Kuil, Gereja hingga Masjid

Wisata ke Eropa Perubahan Masjid Cordoba di Spanyol dari mulai Kuil, Gereja hingga Masjid – Tak lengkap saat wisata ke Spanyol tanpa mengunjungi salah satu destinasi wisata di Eropa yang harus dikujungi ini. Terletak di wilayah yang dulunya bernama Andalusia yang menjadi rumah bagi peradaban Islam di Eropa tentunya meninggalkan bangunan Islami yang masih bisa kita kunjungi hingga sekarang.  Dikenal sebagai Mezquita-Catedral, Masjid Agung Cordoba adalah salah satu bangunan tertua yang masih berdiri sejak Muslim menguasai Al-Andalus (Iberia Muslim termasuk sebagian besar Spanyol, Portugal, dan sebagian kecil wilayah Prancis bagian selatan) pada akhir abad 8. Perjalanan menuju ke Cordoba memakan waktu sekitar dua jam perjalanan dengan kereta api menuju ke selatan Madrid.

Transformasi Mezquita-Catedral dari mulai kuil,  gereja, masjid, gereja

Bangunan di situs ini sama kompleksnya dengan sejarah yang sangat kaya yang digambarkan. Sejarawan percaya bahwa dahulu ada kuil dewa Romawi, Janus, di situs ini. Kuil tersebut diubah menjadi sebuah gereja dengan saat menyerang Visigoth yang berhasilmenaklukkan Cordoba pada tahun 572. Selanjutnya, gereja tersebut diubah menjadi sebuah masjid dan kemudian dibangun kembali oleh keturunan Umayyah yang diasingkan – dinasti Islam pertama yang semula memerintah dari ibukota mereka Damaskus ( di Suriah sekarang) dari tahun 661 sampai 750.

Pusat Pemerintahan Baru

Setelah penggulingan keluarganya (Umayyah) di Damaskus oleh Abbasiyah, Pangeran Abd al-Rahman melarikan diri ke selatan Spanyol. Sesampai di sana, dia menguasai hampir semua Semenanjung Iberia dan mencoba untuk menciptakan kemegahan Damaskus di ibukota barunya, Cordoba. Dia mensponsori program pembangunan, mempromosikan pertanian, dan bahkan mengimpor pohon buah-buahan dan tanaman lainnya dari bekas rumahnya. Pohon-pohon jeruk masih berdiri di halaman Masjid Cordoba, sebuah kenangan indah yang mengingatkan pahit tentang pembuangan Umayyah.

paket tour ke eropa wisata ke eropa mengunjungi masjid agung cordoba di spanyol 1

Aula hypostyle

Bangunan itu sendiri diperluas lebih dari dua ratus tahun. Ini terdiri dari sebuah ruang doa hypostyle besar (hypostyle berarti, penuh dengan kolom), sebuah halaman dengan air mancur di tengahnya, sebuah hutan jeruk, sebuah jalan setapak yang tertutup mengelilingi halaman, dan sebuah menara (sebuah menara yang biasa memanggil orang muslim untuk beribadah) yang sekarang terbungkus dalam menara lonceng yang meruncing. Ruang doa yang luas tampak diperbesar dengan geometri yang terulang. Tempat ini dibangun dengan gaya Romawi kuno yang menumbuhkan kombinasi mencolok dari lengkungan simetris dua lapis, yang terbuat dari batu dan bata merah.

Mihrab

Titik fokus di ruang sholat yaitu mihrab yang digunakan di sebuah masjid untuk mengidentifikasi dinding yang menghadap Mekkah.  Mihrab di Masjid Agung Cordoba dibingkai oleh lengkungan indah di belakang yang merupakan ruang luar biasa besar, ukuran ruangan kecil. Tessera emas (potongan kecil kaca dengan emas dan warna latar belakang) menciptakan kombinasi biru terang yang memukau, coklat kemerahan, kuning dan emas yang membentuk kaligrafi yang rumit dan motif yang menghiasi lengkungan.

paket tour ke eropa wisata ke eropa mengunjungi masjid agung cordoba di spanyol 2

Lengkungan tapal kuda

Lengkungan bergaya tapal kuda itu biasa terjadi pada arsitektur Visigoth, orang-orang yang memerintah daerah ini setelah kekaisaran Romawi ambruk dan sebelum Umayyah tiba. Lengkungan tapal kuda akhirnya menyebar di Afrika Utara dari Maroko sampai Mesir dan merupakan karakteristik arsitektur Islam Barat yang mudah diidentifikasi.

Kubah

Di atas mihrab, adalah kubah yang sama menyilaukan. Ini dibangun dari rusuk silang yang membuat lengkungan runcing yang semuanya dilapisi dengan mosaik emas dalam pola radial.  Masjid Agung Cordoba adalah contoh utama kemampuan dunia Muslim untuk mengembangkan gaya arsitektur dengan cemerlang berdasarkan tradisi daerah yang sudah ada sebelumnya. Berikut adalah kombinasi yang luar biasa dari kosa kata yang familiar dan inovatif, formal yang bisa dikenali sebagai “Islami” bahkan sampai sekarang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s