Mengenal Negara dan Penggunaan Visa Schengen untuk Wisata ke Eropa

Mengenal Negara dan Penggunaan Visa Schengen untuk Wisata ke Eropa

Wisata ke Eropa tentunya sangat menyenangkan, nah sebelum teman-teman tour ke eropa salah satu hal yang paling penting yang harus teman-teman siapkan adalah visa. Nah saat wisata ke eropa kita perlu membawa visa schengen untuk memudahkan teman-teman sekalian dalam menjelajahi lebih dari 20 negara yang ada di Eropa, seperti Perancis, Jerman, Belanda, Belgia dan masih banyak negara lagi di Eropa! Eropa sendiri memiliki berbagai macam destinasi wisata menarik yang harus dikunjungi, lokasi antar negara yang berdekatan dan akses transportasi yang mudah tentunya menghemat waktu untuk mengunjungi banyak tempat, nah sebelum itu teman-teman musti mengurus visa schengen ya!

mengurus visa schengen

Menurut kabar yang dilansir dari Visa Schengen, pada Kamis (4/4/2013), Visa Schengen merupakan visa khusus yang dapat digunakan dan dimiliki oleh para traveler untuk menjelajahi negara yang berada di Uni Eropa. Tercatat, terdapat 25 negara (22 negara Uni Eropa dan 3 bukan anggota Uni Eropa) yang dapat Anda jelajahi lebih praktis dengan menggunakan visa schengen ini. Itu berarti, teman-teman tidak perlu repot-repot untuk membuat banyak visa jika ingin berpergian menuju negara atau rumit di jalur imigrasi. Visa schengen ini tentunya sangat memudahkan! Nah 25 Negara yang dapat teman-teman jelajahi dengan menggunakan Visa Schengen sebagai berikut Austria, Belgia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan terahir Swiss.

Visa Schengen merupakan hasil dari Perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, yaitu kota di Luxemburg pada tahun 1985. Salah satu isi perjanjian adalah menghapus pengawasan perbatasan antara negara-negara Uni Eropa & mencakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk dalam jangka pendek. Visa Schengen juga berlaku bagi orang-orang yang ingin berwisata atau berbisnis di wilayah Uni Eropa pada khususnya. Batas waktu penggunaan Visa Schengen paling lama adalah 90 hari dalam kurun waktu 6 bulan.

Dalam pengurusan Visa Schengen teman-teman bisa menghubungi Kedutaan Besar tiap negara di Uni Eropa yang berada di Jakarta untuk memproses Visa Schengen. Sebagai info untuk teman-teman Kedubes Hungaria, Swiss, Belanda dan Yunani ada di Jl HR Rasuna Said. Kedubes Italia di Jl Diponegoro, Kedubes Perancis dan Jerman di Jl MH Thamrin. Pembuatan Visa Schengen harus dilakukan di negara yang menjadi tujuan utama dari perjalanan wisata pertama kali atau negara yang akan ditempati lebih lama.

Dari situs Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, teman-teman dapat mengajukan permohonan visa Schengen dengan tujuan utama Belanda, Belgia atau Luksemburg di kedutaan ini. Untuk infonya lebih lanjut, teman-teman bisa membuka website resmi di indonesia-in.nlembassy.org.

Selain itu, beberapa situs Kedutaan Besar lainnya juga dapat teman-teman akses, seperti Kedutaan Besar Jerman di http://www.jakarta.diplo.de, Kedutaan Besar Perancis di http://www.ambafrance-id.org, atau Kedutaan Besar Swiss di http://www.eda.admin.ch. Di setiap situsnya, teman-teman dapat melihat bagaimana pembuatan visa Schegen serta membuat janji via online untuk proses pembuatan visa Schengen tersebut.

Di tiap website dari kedutaan besar, teman-teman dapat mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat Visa Schengen. Biasanya, dokumen yang dibutuhkan adalah akte lahir, surat nikah, paspor, kartu keluarga, dan dua lembar pasfoto ukuran 3,5 x 4,5 dengan menggunakan latar belakang putih. Biaya untuk pengurusan Visa Schengen ini sekitar 60 Euro jika dirupiahkan sekitar Rp 760.000.

pengurusan visa schengen

Dikutip melalui website resmi Kedutaan Besar Jerman Jakarta, bagi traveler yang akan membuat Visa Schegen harus mencantumkan jumlah dana bagi pemenuhan biaya hidup selama di Uni Eropa. Baik itu dalam jangka waktu kunjungan dan untuk perjalanan pulang ke negara asal atau untuk transit ke negara ketiga yang telah dijaminkan izinnya, atau bukti booking tiket pesawat dan reservasi hotel selama di kawasan Uni Eropa.

Berkas bukti yang biasanya diminta yaitu berupa buku tabungan yang melihatkan saldo rekening pada suatu waktu tertentu (biasanya 3 bulan terahir), kartu kredit, lembaran penerimaan gaji, atau surat keterangan kerja.

Hebatnya, Visa Schengen akan selesai dalam 3 hari kerja. Ayo, Siapkan segala persyaratan untuk proses membuat Visa Schagen dan bersiap untuk menjelajahi serta menaklukan Eropa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s